Lowongan Kerja BUMN PT Sarana Multigriya Finansial (Persero)

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan sekunder perumahan. Perusahaan ini berdiri pada 22 Juli 2005. 

Melalui kegiatan sekuritisasi dan penyaluran pinjaman, sejak awal berdirinya di tahun 2005, SMF telah mengalirkan dana dari pasar modal ke Pernyalur KPR sampai dengan 31 Desember 2017 kumulatif mencapai Rp35,63triliun, terdiri dari penyaluran pinjaman sebesar Rp 27,47triliun, dan sekuritisasi sebesar Rp 8,1triliun. Dari seluruh dana yang dialirkan tersebut, telah membiayai kurang lebih 846 ribu debitur KPR dari Aceh sampai Papua.

Tugas SMF sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 1 tahun 2008 juncto 19/2005, adalah membangun dan mengembangkan Pasar Pembiayaan Sekunder Perumahan (PPSP). Syarat utama membangun PPSP yakni adanya pasar pembiayaan perumahan atau pasar primer yang kuat dan efisien sebagai landasan berdirinya PPSP agar tidak rentan terhadap gejolak ekonomi dan keuangan. 

Keempat persyaratan ini saat ini belum sepenuhnya tersedia. Oleh karena itu maka dalam upaya membangun 'pasar', langkah awal adalah mengetahui terlebih dahulu kondisi pasar pembiayaan KPR/ pasar primer yang telah ada serta sejauh mana peraturan yang ada dapat mengakomodir dilakukannya transaksi. Ternyata diketahui bahwa hanya sedikit bank yang ingin menjual tagihan KPR, hanya sebagian kecil investor yang berkenan membeli efek. Masih diperlukan regulasi agar terjadinya transaksi lebih efisien masih diperlukan volume KPR yang standar dan berkualitas. Dengan kondisi seperti ini maka SMF menyusun model transaksi yakni sekuritisasi untuk bank yang sudah siap untuk menjual tagihan KPR dan fasilitas pinjaman untuk bank yang masih ingin memperbesar volume portfolio KPR-nya.


SMF terus berupaya mendorong dan memfasilitasi agar keempat syarat tersebut di atas terpenuhi. Karena transaksi baik pinjaman maupun sekuritisasi masih relatif baru, maka pada awalnya SMF ikut sebagai pihak dalam setiap transaksi dan secara bertahap, sejalan dengan meningkatnya pemahaman manfaat dari ikut bertransaksi, maka SMF akan mengurangi kegiatan sebagai pihak dalam transaksi dan selanjutnya akan lebih fokus pada kegiatan sebagai guarantor. Dengan demikian dapat dikatakan peran SMF akan berevolusi mengikuti kematangan pemahaman pelaku pasar. Dalam meningkatkan SDM yang berpotensi kini membuka peluang karir pada talenta muda melalui lowongan kerja sebagai berikut:


Klik di sini untuk mendaftar: bit.ly/lokerbumn



Post a Comment

Previous Post Next Post